Meningkatkan Kemampuan Membaca danMenyimak Melalui Permainan Kartu Kalimat di kelas III SDN 3 Mootilango Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo

Main Author: RISNA A. KABADERAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iii
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410161/meningkatkan-kemampuan-membaca-danmenyimakmelalui-permainan-kartu-kalimat-di-kelas-iii-sdn-3-mootilango-kecamatanmootilango-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Risna A. Kabaderan, 2014.Meningkatkan Kemampuan Membaca danMenyimak Melalui Permainan Kartu Kalimat di kelas III SDN 3 Mootilango Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd danPembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini apakah kemampuan membaca dan menyimak siswa kelas III SDN 3 Mootilango dapat ditingkatkan melalui permainan kartu kalimat.Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menyimak siswapadamatapelajaranBahasa Indonesia di kelas III SDN 3 Mootilango menggunakan permainan kartu kalimat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang berlangsung 2 siklus. Hasil pada observasi awal, yang mampu membaca dan menyimak 6 orang (25%) dan yang belum mampu membaca dan menyimak 18 orang (75%).Padasiklus 1 menunjukkan bahwa siswa yang tepat membaca dengan lafal16 orang (68%), 6 orang (25%) kurang tepat, dan2 orang (8,4%)tidak tepat, pada aspek intonasi 3 orang (13%) tepat, 19 orang (79%) kurang tepat, dan 2 orang (8,4%) tidak tepat, aspek kefasihan 8 orang (33%) tepat, 14 orang(58%) kurang tepat dan 2 orang (8,4%) tidaktepat, aspekkeaktifan 15 orang (63%) aktif, 8 orang (33%) kurang aktif, dan 2 orang (8,4%) tidak tepat, aspek menyenangkan 12 orang (50%) senang, 10 orang (42%) kurang senang, dan 2 orang (8,4%) tidak senang. Menyimak pada aspek menangkap informasi, ide dan pesan12 orang (50%)tepat, 10 orang (42%) kurangtepat, dan 2 orang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus 2 pembelajaran meningkat. Yang tepat membaca dan menyimak 21 orang (88%), 1 orang (4%) kurangtepatdan 2 orang (8,4%). Sehingga kesimpulan akhir dari penelitian ini bahwa tindakan perbaikan pembelajaran membaca dan menyimak pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 3 Mootilango Kecamatan Mootilango.Melalui permainan kartu kalimat,mengalami peningkatan. Kata Kunci :Membaca,Menyimak, PermainanKartuKalimat