Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menulis Puisi Di Kelas V SDN 7 Pulubala Kabupaten Gorontalo

Main Author: MAYA S. DJAFAR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
V
Sdn
7
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410150/analisis-kesalahan-siswa-dalam-menulis-puisi-dikelas-v-sdn-7-pulubala-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK MAYA S. DJAFAR. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menulis Puisi Di Kelas V SDN 7 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra Dajani Suleman,M.Hum dan Pembimbing II. Dr. Hj. Rusmin Husain,S.Pd, M.Pd. Adapun permasalahan yang ditemukan adalah Masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menulis. Adapun tujuan penelitian ini adalah Menganalisis Kesalahan Siswa Dalam Menulis Puisi Di Kelas V SDN 7 Pulubala Kabupaten Gorontalo, dengan mendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada observasi awal menunjukan bahwa dari 15 siswa yang menjadi sasaran penelitian terdapat 4 orang yang sudah mampu menulis puisi atau 27%, sedangkan yang tidak mampu ada 11 orang atau 73%. Pada observasi ke dua terdapat 7 (47%) orang yang sudah mampu menuls puisi dan 8 orang (53%) belum mampu menulis puisi dengan baik. Dengan demikian analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa Kelas V SDN 7 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo masih banyak yang kurang memahami cara menulis puisi. Kata kunci : Analisis, Menulis Puisi