Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Asparaga

Main Author: MARIYATI PONTO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Iv
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410148/meningkatkan-keterampilan-menulis-karangan-deskripsi-melaluimedia-gambar-pada-siswa-kelas-iv-sdn-2-asparaga.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mariyati Ponto. 2014. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Asparaga. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 02 Asparaga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi melalui media gambar. Alat pengambilan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini berupa pedoman observasi dan lembar penilaian siswa. Teknik analisis data digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif dilakukan dengan 2 siklus pada 24 siswa. Hasilpada observasi awal, 5 orang (2%) yang mampu menulis karangan deskripsi dan19 orang (98%) dari 24siswa. Pada siklus1 menunjukkan bahwa siswa yang mampu menulis karangan deskripsi menjadi 11 orang (46%) dan yang tidak mampu 13 orang(54%).Setelah diadakan perbaikan pada siklus 2 meningkat menjadi 22 orang (92%) yang mampu menulis karangan deskripsi serta 2 orang (8%) yang belum mampu. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 02 Asparaga Kabupaten Gorontalo terjadi peningkatan setelah diadakan tindakan. Kata kunci : Menulis, karangan deskripsi, media gambar.