PenerapanPendekatanPembelajaranAktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, danMenyenangkan (PAIKEM) Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 15 Limboto Barat KabupatenGorontalo

Main Author: ELPIAN R. NGGILU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Ipa
Di
Iv
Sdn
15
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410136/penerapanpendekatanpembelajaranaktif-inovatif-kreatif-efektif-danmenyenangkan-paikem-pada-mata-pelajaran-ipa-di-kelas-iv-sdn-15-limboto-barat-kabupatengorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Elpian R. Nggilu. 2014, "PenerapanPendekatanPembelajaranAktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, danMenyenangkan (PAIKEM) Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 15 Limboto Barat KabupatenGorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. PembimbingI : Prof. Dr. H. Abdul HarisPanaI, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Irvin NovitaArifinS.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenagkan (PAIKEM) Dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo". Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang penerapan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo telah berjalan sesuai dengan panduan PAIKEM. Kata kunci:Penerapan Pendekatan, PAIKEM, Ilmu Pengetahuan Alam