MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PERJUANGAN MENUJU KEMEMERDEKAAN MELALUI MEDIA VISUAL YANG DIPROYEKSIKAN PADA PEMBELAJARAN MBS DIKELAS 5 SDN NO 20 DUNGINGI KOTA GORONTALO

Main Author: SAMSIA RAFAULU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Mbs
5
Sdn
No
20
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410129/meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-materi-perjuangan-menuju-kememerdekaan-melalui-media-visual-yang-diproyeksikan-pada-pembelajaran-mbs-dikelas-5-sdn-no-20-dungingi-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Samsia, Rafaulu. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Perjuangan Menuju Kemerdekaan Melalui Media Visual Yang Diproyeksikan Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag. M.A. Masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa pada materi perjuangan menuju kemerdekaan pada pembelajaran IPS di kelas V SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo kurang memuaskan karena tidak memenuhi kriteria ketuntasan telah ditetapkan yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui media visual yang diproyeksikan tentang materi perjuangan menuju kemerdekaan pada pembelajaran IPS di Kelas V SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas V SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 22 orang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran materi perjuangan menuju kemerdekaan melalui visual yang diproyeksikan dapat meningkatkan pemahaman siswa di kelas V SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media visual yang diproyeksikan ketuntasan yang diperoleh hanya berjumlah 9 orang atau sebesar 40.90%, pada siklus I meningkat menjadi 16 orang atau sebesar 72.72% dan pada siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 21 orang atau ketuntasan sebesar 94.45%. Dengan demikian bahwa pemahaman siswa pada materi perjuangan menuju kemerdekaan melalui media visual yang diproyeksikan dapat meningkat dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Media Visual yang Diproyeksikan