PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 11 BATUDAA PANTAI KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | ADITYA GOBEL |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410110/penerapan-metode-demonstrasi-pada-mata-pelajaran-ipa-di-sdn-11-batudaa-pantai-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Aditya Gobel. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN 11 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Goroontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan Pembimbing II Drs.Djotin Mokoginta S.Pd, M.Pd. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA Di SDN 11 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Tempat dilaksanakan ini yaitu di SDN 11 Batudaa Pantai Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, artinya dalam penelitian ini peneliti berusaha mengambarkan objek sesuai dengan apa adanya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di SDN 11 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo sangat efektif digunakan guru pada materi energi panas dan energi bunyi. Hal ini terlihat dari hasil wawancara, observasi, tes dan dokumentasi yang telah dilakukan oleh peneliti. Mengenai penerapan metode demonstrasi dikelas IV, ternyata: Terdapat 1 orang siswa yang memperoleh nilai 96, 3 orang siswa yang memperoleh nilai 92, 1 orang siswa yang memperoleh nilai 89, 5 orang siswa yang memperoleh nilai 85, 7 orang siswa yang memperoleh nilai 82, 8 orang siswa yang memperoleh nilai 78, 5 orang siswa yang memperoleh nilai 75, 1 orang siswa yang memperoleh nilai 71, 1 orang siswa yang memperoleh nilai 60. Kata Kunci: Metode, Demonstrasi, Pembelajaran, IPA