Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Siswa Di Kelas IV SDN 13 Bongomeme Kabupaten Gorontalo

Main Author: FITRIANTI HASAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iv
Sdn
13
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410108/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kemampuan-membaca-siswa-di-kelas-iv-sdn-13-bongomeme-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fitrianti Hasan. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Siswa Di Kelas IV SDN 13 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd., dan pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd. Rumusan penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca intensif siswa di kelas IV SDN 13 Bongomeme kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca intensif siswa di kelas IV SDN 13 Bongomeme. Dari hasil penelitian terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca intensif siswa. Untuk faktor internal dapat dilihat dari kurangnya motivasi siswa untuk memberikan pertanyaan kepada guru saat guru sedang menjelaskan materi pembelajaran. Dan dari faktor eksternal dapat dilihat dari : kurangnya kunjungan siswa ke perpustakaan sebagai salah satu sarana membaca, kurang kondusifnya ruang kelas sebagai fasilitas membaca untuk mendukung kegiatan membaca yang baik, kurangnya kebiasaan membaca siswa saat berada di rumah, lingkungan rumah yang kurang mendukung untuk terciptanya kegiatan membaca yang baik, dan kurangnya dukungan lingkungan keluarga/orang tua terhadap kegiatan membaca di rumah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca intensif siswa, baik dari faktor internal dan faktor eksternal. Kata kunci : faktor-faktor yang mempengaruhi, kemampuan siswa, membaca intensif