Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Kemampuan Siswa Berbicara di Kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo

Main Author: ILHAM DUNGGIO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iv
Sdn
16
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410103/penerapan-model-pembelajaran-jigsaw-pada-kemampuan-siswa-berbicara-di-kelas-iv-sdn-16-limboto-barat-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ilham Dunggio. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Kemampuan Siswa Berbicara di Kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan yaitu "Bagaimanakah penerapan model pembelajaran jigsaw pada kemampuan siswa berbicara di kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo" dan Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran jigsaw pada kemampuan siswa berbicara di kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari 23 siswa di kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, dapat diklasifikasikan 19 siswa yang mampu atau 82,61%, sedangkan 4 siswa yang tidak mampu atau 17,39%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa sudah sebagian besar siswa di kelas IV SDN 16 Limboto Barat sudah mampu berbicara pada model pembelajaran jigsaw. Kata Kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Berbicara.