Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas IV SDN NO. 98 Sipatana Kota Gorontalo

Main Author: RAKHMAT TAUFIK NAI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
And
Dan
Iv
Sdn
No.
98
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410094/penerapan-model-pembelajaran-picture-and-picture-dalam-meningkatkan-kemampuan-membaca-dan-menulis-puisi-pada-siswa-kelas-iv-sdn-no-98-sipatana-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Rahmat Taufik Nai. 2014 Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas IV SDN NO. 98 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Hj. Sumarni Mohamad S.Pd,M.Pd, Pembimbing II : Dra. Hj. Salma Halidu S.Pd, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah " Apakah penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN N0. 98 Sipatana Kota Gorontalo tentang materi membaca dan menulis puisi. Dengan teknik pengumpulan data, observasi, tes dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan dengan dua siklus. Pada observasi awal hanya 9 siswa yang mampu dari 27 siswa yang memiliki kemampuan baik dalam membaca atau menulis. Pada siklus I jelas menunjukkan bahwa Prosentase siswa yang memiliki kemampuan membaca puisi mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu 18 orang (77,95%),sedangkan pada aspek menulis puisi mengalami peningkatan yakni 20 orang (79,45%),. Berdasarka hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak dalam membaca dan menulis puisi dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Kata Kunci : Membaca dan Menulis Puisi, Model Pembelajaran Picture And Picture