Meningkatkan KemampuanMenjumlahPecahanBiasaBerpenyebutTidakSamaMelaluiPendekatanRealistikPadaSiswaKelas V A SDN No. 48 Hulontalangi Kota Gorontalo
Main Author: | NURMAWATY NAILU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410081/meningkatkan-kemampuanmenjumlahpecahanbiasaberpenyebuttidaksamamelaluipendekatanrealistikpadasiswakelas-v-a-sdn-no-48-hulontalangi-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK NurmawatyNailu. 2012. "Meningkatkan KemampuanMenjumlahPecahanBiasaBerpenyebutTidakSamaMelaluiPendekatanRealistikPadaSiswaKelas V A SDN No. 48 Hulontalangi Kota Gorontalo, Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra.Martianty Nalole,M.Pd dan Pembimbing II : Dra Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd Yang menjadirumusanmasalahdalampenelitianiniadalahapakahkemampuanmenjumlahpecahanbiasaberpenyebuttidaksamapadasiswakelas VA SDN No.48 Hulontalangi Kota Gorontalodapatditingkatkandenganpendekatanrealistik. Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanmenjumlahpecahanbiasaberpenyebuttidaksamamelaluipendekatanrealistikpadasiswakelas VA SDN No. 48 Hulontalangi Kota Gorontalo. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas.PenelitianTindakanKelasinidilaksanakandalamduasiklus.Penelitianinidilaksanakanpadasiswakelas V A SDN No. 48 HulontalangiTahunPelajaran 2011-2012. HasilPenelitianpadasiklus I dari 20 siswa yang dikenaitindakandiperoleh 10 siswaatau 50% mampumenjumlahpecahanbiasaberpenyebuttidaksamadan 10 siswaatau 50% tidakmampumenjumlahpecahanbiasaberpenyebuttidaksama. Hasilpenelitianpadasiklus II dari 20 siswa yang dikenaitindakandiperoleh 18 siswaatau 90% yang mampumenjumlahpecahanbiasaberpenyebuttidaksamadan 2 siswaatau 10% yang tidakmampumenjumlahpecahanbiasaberpenyebuttidaksama. Dengandemikianpenelititidakmelanjutkanpadasiklusberikutkarenatelahmemenuhiindikatorkinerja yang telahditetapkanyaitupenelitiandikatakanberhasilapabilakemampuansiswadalammenjumlahpecahanbiasa yang berpenyebuttidaksamamelaluipendekatanrealistikmemperoleh minimal 85% siswamemperolehnilai 70 keatas. Dari hasilpenelitiandanpembahasan, disimpulkanbahwapendekatanrealistikmeningkatkankemampuanmenjumlahpecahanbiasaberpenyebuttidaksamapadasiswakelas VA SDN No. 48 Hulontalangi Kota Gorontalo. Kata Kunci: Kemampuan, MenjumlahPecahanBiasa, PendekatanRealistik