Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dalam Membaca Pantun Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo

Main Author: SITI SARA DETU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Iv
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410080/penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-learning-dalam-membaca-pantun-pada-siswa-kelas-iv-sdn-3-batudaa-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Siti Sara Detu, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dalam Membaca Pantun Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif learning dalam membaca pantu pada siswa kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pemebelajaran kooperatif learning dalam membaca pantun pada siswa kelas IV SDN 3 batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode dekriptif yaitu untuk memperoleh gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif learning dalam membaca pada siswa kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorotalo. Berdasarkan hasil penelitian penerpan model pembelajaran kooperatif learning dari 20 siswa secara keseluruhan 60 % atau 12 orang siswa yang sangat baik, sedangkan yang mencapai kriteria baik 25 % atau 5 orang siswa dan tidak baik 15 % atau 3 orang siswa. Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif learning baik diterapkan dalam membaca pantun di kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Membaca, Pantun, Kooperatif Learning