Analisis Faktor-Faktor Penghambat Kemampuan Menjumlah Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN 7 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo

Main Author: SUMITRO HUMOLUNGO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
V
Sdn
7
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410070/analisis-faktor-faktor-penghambat-kemampuan-menjumlah-pecahan-pada-siswa-kelas-v-sdn-7-batudaa-pantai-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SUMITRO HUMOLUNGO. Analisis Faktor-Faktor Penghambat Kemampuan Menjumlah Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN 7 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, 2014 Jurusan SI PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd M.Pd dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd M.Pd Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menganalisis faktor-faktor penghambat kemampuan menjumlah pecahan pada siswa kelas V SDN 7 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Faktor-Faktor Penghambat Kemampuan Menjumlah Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN 7 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif, dianalisis dengan menggunakan analisis deskripsif dalam bentuk tabel frekuensi seperti menentukan frekuensi capaian responden untuk setiap butir angket dan merekapitulasi hasil capaian setiap deskriptor. Untuk hasil perhitungan deskriptor dapat dilakukan presentasi skor capaian responden. Sesuai hasil penelitian menunjukan bahwa indikator penguasaan konsep berada pada kategori menghambat hal ini dapat dilihat pada hasil skor rata-rata 48 atau 66,9% berada pada kategori menghambat. Indikator strategi pemberian materi berada pada kategori menghambat hal ini dapat dilihat pada hasil skort rata-rata 44 atau 60,7% menghambat. Indikator drill yang diberikan guru berada pada kategori sangat menghambat hal ini dapat dilihat pada hasil skor rata-rata 56,5 atau 76,3% berada pada kategori sangat menghambat. Indikator motivasi berada pada kategori menghambat hal ini dapat dilihat pada hasil skor rata-rata 41 atau 56,9% berada pada kategori menghambat. Dari keempat indikator faktor-faktor penghambat kemampuan menjumlah pecahan pada siswa kelas V SDN 7 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo secara keseluruhan mendapatkan skor aktual keseluruhan adalah 608 dan skor ideal yang harus dicapai adalah 936 sehingga presentasinya untuk indikator faktor-faktor penghambat kemampuan menjumlah pecahan pada siswa kelas V SDN 7 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontao adalah 64.9% dan berada pada kategori menghambat jadi dapat diambil kesimpulan bahwa secara keseluruhan faktor-faktor penghambat kemampuan siswa dalam menjumlah pecahan tersebut, menghambat kemampuan siswa di SDN 7 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dalam menjumlah pecahan. Kata kunci : Faktor-Faktor, Penghambat, Kemampuan, Menjumlah Pecahan.