Meningkatkan kemampuan siswa menggambar ilustrasi melalui pendekatan kontekstual di kelas V SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo
Main Author: | YENI ABUDI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410068/meningkatkan-kemampuan-siswa-menggambar-ilustrasimelalui-pendekatan-kontekstual-di-kelas-v-sdn-1-limboto-barat-kabupatengorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK YENI ABUDI. 2014. Meningkatkan kemampuan siswa menggambar ilustrasi melalui pendekatan kontekstual di kelas V SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs.H.Haris Mahmud,S.Pd,M.Si dan Pembimbing II, Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa kelas V SDN 1 Limboto Barat dalam menggambar ilustrasi dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dalam menggambar ilustrasi melalui pendekatan kontekstual. Aspek yang dinilai dalam penelitian ini adalah penggunaan alat/media gambar, kemampuan memberi warna, kesesuaian tema dengan gambar dan kerapian gambar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Karakteristik subjek penelitian ini adalah 20 orang, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan penelitian, pada observasi awal persentase siswa yang mampu 30% atau 6 siswa dan persentase siswa yang tidak mampu yaitu 70% atau 14 siswa. Siklus I persentase siswa yang mampu adalah 13 siswa atau 65% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 90% atau 18 siswa, sedangkan persentase siswa yang tidak mampu pada siklus I adalah 35% atau 7 siswa dan pada siklus II persentase siswa yang tidak mampu adalah 2 siswa atau 10%. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menggambar ilustrasi di kelas V SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Kata kunci : Kemampuan, Menggambar Ilustrasi, Pendekatan Kontekstual.