MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA MATERI COLOUR MELALUI MODEL CTL PADA SISWAKELAS IV SDN 08 ASPARAGA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: FAHYUDIN JAKI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Ctl
Iv
Sdn
08
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410053/meningkatkan-penguasaan-kosakata-materi-colour-melalui-model-ctl-pada-siswakelas-iv-sdn-08-asparaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK FAHYUDIN JAKI,. 2014. Meningkatkan Penguasaan Kosakata Materi Colour Melalui Model CTL Pada Siswa Kelas IV SDN 08 Asparaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model CTL penguasaan kosakata materi colour pada siswa di kelas IV SDN 8 Asparaga Kecamatan Asparaga dapat ditingkatkan?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata materi colour melalui model CTL pada siswa kelas IV SDN 8 Asparaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dari hasil siklus I diperoleh data, dari jumlah siswa 18 orang yang dikenai tindakan hanya 9 yang menguasai kosakata colour, dan 9 siswa lainya belum mampu menguasai kosakata colour. Dan siswa yang memperoleh nilai 75 keatas 9 siswa. Sedangkan pada siklus II meningkat dari 18 siswa, 15 siswa yang mampu menguasai kosakata colour dan 3 siswa yang belum mampu menguasai kosakata colour dengan perolehan indikator kinerja 83 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan jika menggunakan model CTL maka penguasaan kosakata siswa materi colour pada siswa kelas IV di SDN 08 Asparaga Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Penguasaan, Kosakata Materi Colour dan Model CTL.