Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Mata Pelajaran PKn di SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo

Main Author: YUYINTA RAUF
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Pkn
Di
Sdn
24
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410048/efektivitas-penerapan-model-pembelajaran-stad-pada-mata-pelajaran-pkn-di-sdn-24-bongomeme-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Yuyinta Rauf, 2014. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Mata Pelajaran PKn di SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag. MA. Adapun permasalahan dalam penelitian adalah "Bagaimana Efektivitas penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Mata Pelajaran Pkn di SDN 24 Bongomeme, dan Bagaimana solusi guru dalam megatasi masalah ketika menerapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn di SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo." Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan Efektivitas penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Mata Pelajaran Pkn di SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo, dan untuk menggambarkan solusi guru dalam mengatasi masalah ketika menerapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn di SDN 24 Bongomeme kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru telah menerapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn di SDN 24 Bongomeme akan tetapi di kelas awal belum efektif sedangkan pada kelas tinggi sudah efektif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PKn di SDN 24 Bongomeme Kabupaten Gorontalo belum efektif. Kata Kunci: Efektivitas, Model STAD