Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 10 Batudaa Pantai Kecamatan Batudaa pantai Kabupaten Gorontalo

Main Author: YANTI Y. SANGAJI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Ips
Di
V
Sdn
10
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410047/peran-guru-dalam-memotivasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ips-di-kelas-v-sdn-10-batudaa-pantai-kecamatan-batudaa-pantai-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Yanti Y.Sangaji. 2015. Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 10 Batudaa Pantai Kecamatan Batudaa pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaiman peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 10 Batudaa Pantai Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo ?". Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara di SDN 10 Batudaa Pantai Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo . Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahwa sebagian besar siswa lebih banyak bermain dari pada belajar, selain itu siswa sering melakukan percakapan yang tidak berhubungan dengan pembelajaran, dan menyebabkan kurangnya perhatian siswa dalam belajar. Hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi belajar siswa khususnya belajar IPS. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 10 Batudaa Pantai Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo yakni Peran guru dalam memotivasi belajar siswa masih sangatlah kurang hal ini dapat dilihat pada guru belum menjalankan perannya secara optimal. Misalnya perannya sebagai pengelola kelas, fasilitator dan mediator. Kata Kunci : Peran guru, Motivasi