MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DIKELAS 2 SDN 1 SUWAWA SELATAN KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: SOFIANA TALAWO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Pkn
2
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410040/meningkatkan-kemampuan-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-melalui-model-think-pair-share-dikelas-2-sdn-1-suwawa-selatan-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sofiana Talawo. Skripsi Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Think-Pair-Share di Kelas II SDN I Suwawa Selatan Kabupaten Bonebolango. Program Studi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pdi, M.Hi. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah dengan menggunakan model think-pair-share kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas II SDN I Suwawa Selatan Kabupaten Bonebolango akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model think-pair-share di kelas II SDN I Suwawa Selatan Kabupaten Bonebolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelas II SDN I Suwawa Selatan Kabupaten Bonebolango dengan subjek penelitian siswa yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan tindakan siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan siklus II pertemuan I hasilnya mendekati indikator kinerja yang ditetapkan, dengan demikian dilanjutkan kesiklus II pertemuan II menunjukan terjadinya peningkatan yang cukup signifikan dari 20 orang jumlah siswa, terdapat 17 siswa atau 85% memperoleh nilai 70 ke atas dan terdapat 3 siswa yang yang memperoleh nilai 70 ke bawah atau sebanyak 15 %. Berdasarkan hasil ini penelitian dianggap berhasil. Disimpulkan bahwa penerapan model think pair share dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas II SDN I Suwawa Selatan Kabupaten Bonebolango, dalam proses belajar mengajar hendaknya menggunakan model think pair share pada materi yang bersesuaian. Kata Kunci : Kemapuan Belajar, Model Thingk Pair Share.