DESKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN SEKECAMATAN BATUDAA PANTAI KABUPATEN GORONTALO

Main Author: SRICIAN S. ANWAR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410025/deskripsi-penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-student-achievement-division-stad-pada-mata-pelajaran-matematika-di-sdn-sekecamatan-batudaa-pantai-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SRICIAN S. ANWAR. NIM. 151 410 025. Deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran matematika di SDN sekecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi 2014 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Aachievement Division (STAD) pada mata pelajaran matematika di SDN Sekecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo?. tujuan penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran matematika di SDN sekecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Tehknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan (observation), wawancara (interviuw), kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil Penelitian, pada pelaksanaan observasi, perolehan angket dan wawancara diperoleh bahwa seluruh sekolah ataupun guru yang berada di SDN sekematan Batudaa Pantai telah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan ada yang tidak sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran tersebut. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang dituangkan dalam angket tentang deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran matematika di SDN sekecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. dari 12 sekolah yang menjadi mayoritas responden 72 guru 44,16 atau 32 orang responden guru menyatakan Ya, 28,328% atau 21 responden guru yang menyatakan Tidak, dan 27,355% atau 19 responden guru yang menyatakan Kadang-kadang mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika. Dengan demikian disimpulkan bahwa dari 12 sekolah SDN Sekematan Batudaa Pantai kabupaten Gorontalo telah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran matematika. Kata Kunci : Deskripsi, Penerapan, STAD, Matematika