MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER ENERGI ALTERNATIF MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN I DAMBALO KECAMATAN TOMILITO KABUPATEN GORONTALO UTARA

Main Author: EMAN KADIR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iv
Sdn
I
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409539/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-sumber-energi-alternatif-melalui-metode-eksperimen-di-kelas-iv-sdn-i-dambalo-kecamatan-tomilito-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Eman Kadir. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber energi alternatif Melalui Metode Eksperimen di Kelas IV SDN I Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd M.Si (2) Irvin Novita Arifin,S.Pd M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini apakah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber energi alternatif di kelas IV SDN I Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber energi alternatif melalui metode eksperimen di kelas IV SDN I Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada materi materi sumber energi alternatif melalui metode eksperimen dari siklus ke siklus.. Pada siklus I dari 21 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 10 orang siswa yang yang memperoleh nilai 75 ke atas atau sebanyak 47,62%. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 21 orang keseluruhan jumlah siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 20 orang dengan persentasenya 95,24%. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu apabila hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA materi sumber energi alternatif di kelas IV menggunakan metode eksperimen mencapai prosentase 75% pada nilai 75 ke atas, maka proses pembelajaran dianggap berhasil. Simpulan dari Penelitian ini adalah penggunaan metode eksperimen sangat membantu guru dalam menanamkan materi sumber energi alternatif pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara khususnya peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar siswa dan Metode Eksperimen