Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Fisik Melalui Metode Inkuiri Kelas IV SDN 1 Kasia Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara

Main Author: NOLVIA LIBUNELO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409530/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-perubahan-lingkungan-fisik-melalui-metode-inkuiri-kelas-iv-sdn-1-kasia-kecamatan-sumalata-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nolvia Libunelo. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Fisik Melalui Metode Inkuiri Kelas IV SDN 1 Kasia Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd dan pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Permasalahandalampenelitianiniadalahapakah hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kasia pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik dapat ditingkatkan melalui metode inkuiri. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kasia pada materi perubahan lingkungan fisik mata pelajaran IPA melalui metode pembelajaran inkuiri. Setelah dilaksanakannya siklus 1, maka dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan fisik melalui metode inkuiri yang dilaksanakan di Kelas IV SDN 1 Kasia Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara, dari jumlah 21 orang siswa terjadi peningkatan siswa yang tuntas menjadi 52,38% sedangkan siswa yang tidak tuntas menurun menjadi 47,62%. Untuk tingkat daya serap siswa terhadap materi perubahan lingkungan fisik meningkat menjadi 52,38% siswa dari 21 orang siswa kelas IV SDN 1 Kasia. Setelah pelaksanaan tindakan kelas siklus 2 pada siswa kelas IV SDN I Kasia Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara, di peroleh peningkatan hasil belajar siswa mencapai 85,71% dari 21 orang siswa mengalami ketuntasan belajar atau telah terjadi peningkatan 33,33% dari tahap siklus 1 dan meningkat 47,61% dari tahap observasi awal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat di simpulkan bahwa melalui metode inkuiri hasil belajar siswa kelas IV SDN I Kasia Kec.Sumalata Kab. Gorontalo Utara pada materi perubahan lingkungan fisik dapat ditingkatkan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Perubahan Lingkungan Fisik, Metode Inkuiri