Meningkatkan Kemampuan Siswa Mendeskripsikan Penggunaan Suatu Alat Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas III SDN 2 Tudi Kabupaten Gorontalo Utara

Main Author: LUSIANA RAHMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iii
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409529/meningkatkan-kemampuan-siswa-mendeskripsikanpenggunaan-suatu-alat-melalui-metode-pemberian-tugas-di-kelas-iii-sdn-2tudi-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Lusiana Rahman. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Mendeskripsikan Penggunaan Suatu Alat Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas III SDN 2 Tudi Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru SekolahDasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Hj Sumarni Mohamad, S.Pd M.Pd. (2) Dra. Hj Salma Halidu, S.Pd M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini Apakah kemampuan siswa mendeskripsikan penggunaan suatu alat melalui metode pemberian tugas di kelas III SDN 2 Tudi Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan?. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa mendeskripsikan penggunaan suatu alat di kelas III melalui metode pemberian tugas. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas data dianalisis secara deskriftif melalui tahapan mengklasifikasi data, menganalisis, menginpertasi, menyajikan data, dan menganalisis dan menyimpulkan. Hasil penelitian pada observasi awal aspek moral dari jumlah siswa 18 orang hanya 6 orang atau 33% yang telah memiliki kemampuan tersebut. Sisanya 12 orang atau 66% masih belum mampu mendeskripsikan penggunaan alat tersebut di depan kelas. Selanjutnya untuk hasil siklus I terdapat 10 orang siswa atau sebanyak 55,56% dan pada siklus II sudah mengalami peningkatan menjadi 17 orang atau 94,44%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan mendeskripsikan penggunaan suatu alat di kelas III SDN 2 Tudi Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci: Mendeskripsikan, penggunaan suatu alat dan Metode Pemberian tugas