Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V SDN 1 Mebongo Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara
Main Author: | NIKMA HASAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409518/meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-materi-kebebasan-berorganisasi-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-kelas-v-sdn-1-mebongo-kecamatan-sumalata-kabupaten-gorontalo-utara.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK NIKMA HASAN, 2013. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V SDN 1 Mebongo Kec. Sumalata Kab. Gorontalo Utara. Dibimbing oleh Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Samsi Pomalingo, S.Ag.Ma Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw kelas V SDN 1 Mebongo Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Subjek penelitian adalah murid kelas V SDN 1 Mebongo Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah nilai siswa pada siklus I yaitu 1338.75 dengan persentase 66.94% meningkat pada siklus II yaitu 1607 dengan persentase 80.35%. Begitu juga dengan frekuensi dan persentase ketuntasan belajar siswa siklus I dan siklus II telah meningkat. Pada siklus I terdapat 3 siswa atau 15% yang berada pada kategori tuntas meningkat 20 siswa atau 100% pada siklus II. Pada siklus I terdapat 17 siswa dengan persentase 85% yang berada pada kategori tidak tuntas menurun pada siklus II dengan tidak adanya siswa yang terdapat pada kategori tidak tuntas, sehingga pembelajaran tuntas secara klasikal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi kelas V SDN 1 Mebongo Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara melalui model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw.