Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Metode Bermain Peran di Kelas III SDN 3 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara
Main Author: | EFENDI PULUHULAWA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409513/meningkatkan-kemampuan-berbicara-siswa-melalui-metode-bermain-peran-di-kelas-iii-sdn-3-titidu-kecamatan-kwandang-kabupaten-gorontalo-utara.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Efendi Puluhulawa. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Metode Bermain Peran di Kelas III SDN 3 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M. Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan berbicara siswa dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran?" Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa melalui metode bermain peran pada siswa kelas III SDN 3 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi dengan 2 siklus dan jumlah siswa 19 orang. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I meningkat menjadi 15 orang atau sebesar 78.94% dan pada siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 18 orang atau ketuntasan sebesar 94,74%. Dengan demikian bahwa keterampilan siswa membaca melalui media gambar seri dapat meningkat dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan. Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Metode Bermain Peran.