Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Pendekatan Konstekstual Di Kelas V SDN 2 Moluo Kec. Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara

Main Author: OLHA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
V
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409507/meningkatkan-keterampilan-menulis-paragraf-deskripsi-melalui-pendekatan-konstekstual-di-kelas-v-sdn-2-moluo-kec-kwandang-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK OLHA S.OTOLUWA, 2013. Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Pendekatan Konstekstual Di Kelas V SDN 2 Moluo Kec. Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo 2013. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M. Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini Apakah dengan pendekatan konstektual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf deskripsi di kelas V SDN 2 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara ?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui pendekatan konstektual pada siswa kelas V SDN 2 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian tindakan kelas ini di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang di analisis secara kualitatif dan kuantitatif dalam hal ini pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes serta dokumentasi. Hasil pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 62,86% dan pada siklus II meningkat mencapai 88,57%. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yaitu jika digunakan pendekatan konstektual maka keterampilan siswa menulis paragraf deskripsi di kelas V SDN 2 Moluo Kec. Kwandang dapat ditingkatkan, diterima. Kata Kunci : Menulis, Paragraf Deskripsi, Pendekatan Konstektual