MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERCERITA BERPASANGAN PADA SISWA KELAS V SDN 2 HEPUHULAWA KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | SUSANTI SURATINOYO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409502/meningkatkan-keterampilan-berbicara-melalui-model-pembelajaran-bercerita-berpasangan-pada-siswa-kelas-v-sdn-2-hepuhulawa-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Susanti Suratinoyo. Skripsi "Skripsi yang berjudul Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Bercerita Berpasangan pada Siswa Kelas V SDN 2 Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo". Program Studi S1 - PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran bercerita berpasangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo melalui model pembelajaran bercerita berpasangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di SDN Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, Tahap penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 20 orang siswa, yang memperoleh nilai 70 ke atas sebanyak 10 orang siswa atau 50% dan yang memperoleh nilai kurang sebanyak 10 orang siswa atau 50%. Atau rata-rata perolehan 73,35% Hasil capaian siklus II melebihi target yang telah ditetapkan di antara siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas sebanyak 16 orang atau 80% dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah sebanyak 4 orang atau 20% atau rata-rata perolehan 93,4%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bercerita berpasangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Keterampilan berbicara, bercerita berpasangan.