Penggunaan Model Think Pair Share Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerpen siswa kelas IV SDN 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango

Main Author: RAHMI TALIBO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409485/penggunaan-model-think-pair-share-dalam-meningkatkankemampuan-membaca-cerpen-siswa-kelas-iv-sdn-1-suwawa-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rahmi Talibo. 2014. Penggunaan Model Think Pair Share Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerpen siswa kelas IV SDN 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd, Pembimbing II Dr. Jusuf Jafar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model think pair share dalam meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV SDN I Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan?”Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model think pair share dalam meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV SDN I Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan?”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan analisis data secara kualitatif yang dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada siklus I kemampuan siswa membaca cerpen sebanyak 10 siswa atau 50%. Sedangkan siswa yang tidak mampu sebanyak 10 siswa atau 50% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata yang dicapai oleh 20 siswa adalah 71.2. siswa yang telah mampu dalam membaca cerpen sebanyak 25 siswa atau 75% sedangkan yang tidak mampu sebanyak 5 siswa atau 25%. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa penggunaan model think pair share dalam meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV SDN 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat. Kata Kunci : Membaca Cerpen. Model Think Pair Share.