Mimin Saripi, 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Ringkasan Teks Melalui Metode Pemberian Tugas Di Kelas VI SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango
Main Author: | MIMIN SARIPI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409475/mimin-saripi-2014-meningkatkan-kemampuan-menulis-ringkasan-teks-melalui-metode-pemberian-tugas-di-kelas-vi-sdn-3-kabila-bone-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mimin Saripi, 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Ringkasan Teks Melalui Metode Pemberian Tugas Di Kelas VI SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian adalah Apakah melalui metode pemberian tugas kemampuan menulis ringkasan teks siswa kelas VI SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan ? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan teks dengan menggunakan metode pemberian tugas di kelas VI SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Kelas VI SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 ( dua ) siklus. Hasil penelitian ini pada siklus I yang meningkat ada 70 % atau 21 siswa, dan yang belum mampu 30 % atau 9 orang siswa. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan mencapai sejumlah 26 orang siswa atau 86.7 % yang sudah mampu dari 30 orang siswa, dan sejumlah 4 orang siswa atau 13.3 % yang belum mampu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode pemberian tugas di Kelas VI SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis ringkasan teks. Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Ringkasan Teks, Pemberian Tugas