Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Pengurangan Pecahan Biasa Dengan Menggunakan Media Dakon Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Telaga

Main Author: SYAMSUDIN DANGKUA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409464/meningkatkan-kemampuan-menyelesaikan-pengurangan-pecahan-biasa-dengan-menggunakan-media-dakon-bilangan-pada-siswa-kelas-iv-sdn-1-telaga.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Syamsudin Dangkua, 2013. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Pengurangan Pecahan Biasa Dengan Menggunakan Media Dakon Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Telaga. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1, Dra. Martianty Nalole, M.Pd Pembimbing II, Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah Kemampuan Menyelesaikan Pengurangan Pecahan Biasa Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Telaga Dapat Meningkat Dengan Menggunakan Media Dakon Bilangan? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan pengurangan pecahan biasa dengan menggunakan media dakon bilangan pada siswa kelas IV SDN 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan,tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 16 siswa atau 66,7% dari 24 siswa mampu menyelesaikan pengurangan pecahan biasa dengan memperoleh nilai 65 ke atas, dan 8 siswa atau 33,3% dari 24 siswa yang belum mampu menyelesaikan pengurangan pecahan biasa dengan mendapat nilai 65 ke bawah sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus hasil penelitian menunjukkan bahwa 19 siswa atau 79,2 % dari 24 siswa mampu menyelesaikan pengurangan pecahan biasa dengan mendapat nilai 65 ke atas dan 5 siswa atau 20,8% dari 24 siswa belum mampu menyelesaikan pengurangan pecahan biasa dengan mendapat nilai 65 ke bawah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan media dakon bilangan, kemampuan menyelesaikan pengurangan pecahan biasa pada siswa kelas IV SDN 1 Telaga meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Menyelesaikan, Pengurangan, Dakon Bilangan