Meningkatkan Keterampilan Menjumlah Bilangan Cacah Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas II SDN NO.5 Kota Barat Kota Gorontalo

Main Author: KARLIS SY. LAMADJU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Ii
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409460/meningkatkan-keterampilan-menjumlah-bilangan-cacah-melalui-model-kooperatif-tipe-stad-pada-siswa-kelas-ii-sdn-no5-kota-barat-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Karlis SY Lamadju. Nim 151409460. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menjumlah Bilangan Cacah Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas II SDN NO.5 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru SekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriGorontalo. Masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD keterampilan siswa kelas II SDN NO.5 Kota Barat dalam menjumlah bilangan cacah meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN NO.5 Kota Barat Kota Gorontalo melalui model pembelajaran kooperati tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan langkah-langkah dalam penelitian yaitu tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa dari 29 orang siswa yang dikenai tindakan, siswa yang mempunyai nilai 75 berjumlah 9 orang atau 31,1% dan yang mempunyai nilai 83 berjumlah 5 orang atau 17,2% yang dinyatakan terampil dengan demikian dari 29 orang siswa yang dikenai tindakan14 orang atau 48,3% terampil menjumlah bilangan cacah. Sehingga masih perlu dilanjutkan pada siklus II. Selanjutnya pada siklus II siswa yang mempunyai nilai 75 berjumlah 5 orang atau 17,2% dan siswa yang mencapai nilai 83 berjumlah 21 orang atau 72,6% yang dinyatakan terampil, berarti dari 29 orang siswa yang dikenai tindakan 26 orang atau 89,8% terampil menjumlah bilangan cacah dengan demikian indikator yang diharapkan telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD keterampilan menjumlah bilangan cacah pada siswa kelas II SDN NO.5 Kota Barat Kota Gorontalo meningkat. Kata kunci: Keterampilan, MenjumlahBilanganCacah, STAD.