Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegiatan manusia untuk mengubah permukaan bumi melalui model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango
Main Author: | YULAN NENTO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409451/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-kegiatan-manusia-untuk-mengubah-permukaan-bumi-melalui-model-kooperatif-tipe-talking-stick-di-kelas-v-sdn-1-kabila-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Yulan Nento. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegiatan manusia untuk mengubah permukaan bumi melalui model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi . Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendiddikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin mokoginta, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd, Permasalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan melalui model kooperatif tipe talking stick dapat meningkat hasil belajar siswa pada materi kegiatan manusia untuk mengubah permukaan bumi di kelas V SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe talking stick di kelas V SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan model kooperatif tipe talking stick, maka hasil belajar siswa kelas V SD I Kabila akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan, hasil belajar siswa meningkat sesuai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa keterampilan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe talking stick di kelas V SDN 1 kabila sudah baik dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan. Kata Kunci: hasil belajar siswa, dan Model Kooperatif Tipe Talking Stick