Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Sifat-sifat Air Melalui Metode Inquiri Di Kelas IV SDN 12 Kecamatan Kabila Kabupaten Bonebolango

Main Author: PUTRI LESTARI ABD. LATIF
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Air
Di
Iv
Sdn
12
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409430/meningkatkan-pemahaman-siswa-tentang-sifat-sifat-air-melalui-metode-inquiri-di-kelas-iv-sdn-12-kecamatan-kabila-kabupaten-bonebolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Putri Lestari Abd. Latif. 2012, Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Sifat-sifat Air Melalui Metode Inquiri Di Kelas IV SDN 12 Kecamatan Kabila Kabupaten Bonebolango. Skripsi. Program Studi S1 PGSD Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs.H.Usman Samatowa,M.Pd dan Pembimbing II DR. Hj.Rusmin Husain,S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pemahaman siswa melalui metode Inquiri pada siswa kelas IV SDN 12 Kec.Kabila Kabupaten Bonebolango. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Sifat-sifat Air Melalui Metode Inquiri Di Kelas IV SDN 12 Kecamatan Kabila Kabupaten Bonebolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif,aktifitas siswa dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswa kelas IV SDN 12 Kec.Kabila Kabupaten Bonebolango yang memiliki aktivitas belajar tergolong kurang yang terdiri dari 23 siswa. Berdasarkan hasil observasi rata-rata aktivitas belajar siswa pada kondisi awal adalah 73,91 % atau tergolong kurang, Kemudian pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa naik menjadi 78 % atau tergolong sedang, dan pada siklus II aktivitas belajar siswa menjadi 86,96 % atau tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA Materi Sifat-sifat air pada siswa kelas IV SDN 12 Kec. Kabila Kabupaten Bonebolango. Kata Kunci : Inquiri, pembelajaran sifat-sifat air