PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DI KELAS V SDN 6 TIBAWA KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | DIAN ISMAIL |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409395/penggunaan-pendekatan-kontekstual-dalam-meningkatkan-kemampuan-menulis-puisi-di-kelas-v-sdn-6-tibawa-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Dian Ismail. 2013. Skripsi. Penggunaan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi di Kelas V SDN 6 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan pembimbing II: Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi pada siswa kelas V SDN 6 Tibawa Kabupaten Gorontalo? Dan tujuan penelitian adalah melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran melalui penggunaan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN 6 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian melalui tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah jika 75% siswa memperoleh nilai minimal 65 pada kemampuan menulis puisi, dan skor kegiatan guru dan aktivitas siswa minimal 75%. Berdasarkan data yang diperoleh dari 25 orang siswa dalam kemampuan menulis puisi melalui penggunaan pendekatan kontekstual pada siklus I, siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 15 orang dengan persentase 60%, dan pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan dan dapat mencapai indikator kinerja yang ditetapkan yaitu siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 20 orang dengan persentase 80%. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dalam menulis puisi siswa kelas V mengalami peningkatan. Kata kunci: Pendekatan kontekstual dan menulis puisi.