MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN BANGUN DATAR MENURUT BENTUKNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS I SDN 4 TABONGO KEC. TABONGO KAB. GORONTALO
Main Author: | ROSMIYATI M. NUSI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409392/meningkatkan-kemampuan-mengelompokkan-bangun-datar-menurut-bentuknya-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-make-a-match-pada-siswa-kelas-i-sdn-4-tabongo-kec-tabongo-kab-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rosmiyati M. Nusi. NIM : 151 409 392. Meningkatkan Kemampuan Mengelompokkan Bangun Datar Menurut Bentuknya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type Make a Match Pada Siswa Kelas I SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan 2013. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan mengelompokkan bangun datar menurut bentknya pada siswa kelas I SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya melalui model pembelajaran kooperatif Type Make a Match pada siswa kelas I SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yaitu untuk memperbaiki proses pembelajaran tentang peningkatan hasil kemampuan siswa pada materi mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya melalui model pembelajaran kooperatif type make a match. Hasil analisis data menunjukkan siklus I yaitu 10 dari 24 siswa atau 41,67% mampu mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya dengan mendapat nilai 75 ke atas, dan 14 siswa atau 58,33% belum mampu mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil penelitian menunjukkan bahwa 21 dari 24 siswa atau 87,5% mampu mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya dan 3 siswa atau 12,5% belum mampu mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya. Berdasarkan analisis serta interpretasi data disimpulkan bahwa, melalui model pembelajaran kooperatif type make a match kemampuan mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya pada siswa kelas I SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci : Model Pembelajaran Make a Match, Bangun datar, Kemampuan.