Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Melalui Media Audiovisual Pada Siswa Kelas V SDN 20 Tibawa Kabupaten Gorontalo

Main Author: ZEIN RAHIM
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
V
Sdn
20
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409381/meningkatkan-kemampuan-menyimak-cerita-melalui-media-audiovisual-pada-siswa-kelas-v-sdn-20-tibawa-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Zein Rahim 2013. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Melalui Media Audiovisual Pada Siswa Kelas V SDN 20 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Dra. Hawa Pattiha, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menyimak cerita melalui media audiovisual siswa kelas V SDN 20 Tibawa Kabupaten Gorontalo dapat meningkat? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita melalui media audiovisual pada siswa kelas V SDN 20 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan evaluasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian observasi awal belajarnya 13%. Siklus I mengalami peningkatan 63%. Siklus II sudah mencapai indikator kinerja yang ditentukan yaitu 95%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audiovisual kemampuan menyimak cerita meningkat. Kata Kunci : Menyimak Cerita, media audiovisual.