Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Melalui Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN 03 Dulupi Kabupaten Boalemo
Main Author: | ZULHAN MUHA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409377/meningkatkan-kemampuan-bermain-drama-melalui-pembelajaran-jigsaw-pada-siswa-kelas-v-sdn-03-dulupi-kabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Zulhan Muha. 2012. Skripsi. Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Melalui Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN 03 Dulupi Kabupaten Boalemo. Program S1 PGSD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasyim, M.Pd dan Pembimbing II Dajani Suleman, M. Hum. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas V SDN 03 Dulupi Kabupaten Boalemo dalam bermain drama akan meningkat?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan bermain drama siswa kelas V SDN 03 Dulupi Kabupaten Boalemo. Hasil Penelitian pada siklus II yaitu : Dari aspek perwatakan, dari 20 siswa ada 15 siswa atau 75% siswa yang mampu bermain drama dengan jelas dan tepat terjadi peningkatan 35% dari siklus I. Dari aspek intonasi, dari 20 siswa ada 14 siswa atau 70% siswa terjadi peningkatan 30% dari siklus I. Dari aspek penghayatan, dari 20 siswa ada 13 siswa atau 70% siswa terjadi peningkatan 35% dari Siklus I. Dari aspek ekspresi, dari 20 siswa ada 15 siswa atau 75% siswa yang berekspresi sesuai dengan karakter tokoh terjadi peningkatan 35% dari Siklus I. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu : ternyata dengan menggunakan pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain drama. Kata Kunci : Drama, dan Teknik Jigsaw