Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Paragraf Melalui Metode Inkuiri Di Kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango

Main Author: KARTIN LAURESTABO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iii
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409376/meningkatkan-kemampuan-siswa-dalam-menulis-paragraf-melalui-metode-inkuiri-di-kelas-iii-sdn-2-tapa-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kartin Laurestabo. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam  Menulis Paragraf Melalui Metode Inkuiri Di Kelas III SDN 2 Tapa  Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad S.Pd, M.Pd  dan pembimbing II Dra Ratnarti Pahrun, M.Pd   Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan siswa dalam menulis paragraf dapat ditingkatkan melalui metode inkuiri di kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango?” Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data melalui proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf melalui metode inkuiri di kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas III SDN 2 Tapa  Kabupaten Bone Bolango. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil dari 23 jumlah siswa yang dikenai tindakan pada siklus I yang mencapai kategori mampu sejumlah 14 orang atau 60.13%. Sedangkan pada siklus II kemampuan meningkat menjadi sejumlah sejumlah 21 orang atau 91.30%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam  menulis paragraf di kelas III SDN 2 Tapa  Kabupaten Bone Bolango.     Kata Kunci: Menulis Paragraf, Metode Inkuiri