Analisis Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo

Main Author: FATMAH KIYAI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
A
Ips
Di
Sdn
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409371/analisis-penerapan-model-pembelajaran-make-a-matchpada-mata-pelajaran-ips-di-sdn-4-tabongo-kecamatan-tabongo-kabupatengorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fatmah Kiyai. 2014. "Analisis Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Drs. Haris Mahmud, M.Si (2) Samsi Pomalingo, S.Ag, MA Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPS di SDN 4 Tabongo kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo?,(2) Bagaimana peran guru dalam menerapkan model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPS di SDN 4 Tabongo kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo, (3) Hambatan Penerapan model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPS di SDN 4 Tabongo kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPS di SDN 4 Tabongo kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo, (2) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam menerapkan model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPS di SDN 4 Tabongo kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo, (3) Untuk mendeskripsikan Hambatan Penerapan model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPS di SDN 4 Tabongo kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil pengamatan, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan diperoleh bahwa SDN 4 Tabongo kecamatan Tabongo khususnya kelas IV telah menerapkan model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPS seperti yang diharapkan, walaupun masih terdapat beberapa kendala dan hambatan baik temuan secara umum dan khusus. Simpulan dari Penelitian ini bahwa pembelajaran IPS di kelas IV dengan penerapan model pembelajaran make a match dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan di SDN 4 Tabongo. Kata Kunci: Model pembelajaran make a match Pada Pembelajaran IPS