STUDI TENTANG PENERAPAN PAKEM PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 11 BONGOMEME KECAMATAN DUNGALIYO KABUPATEN GORONTALO

Main Author: RISKA LAUS
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Ipa
Di
Sdn
11
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409330/studi-tentang-penerapan-pakem-pada-pembelajaran-ipa-di-sdn-11-bongomeme-kecamatan-dungaliyo-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Riska Laus. 2013. Studi Tentang Penerapan PAKEM Pada Pembelajaran IPA Di SDN 11 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan PAKEM pada pembelajaran IPA di SDN 11 Bongomeme kecamatan Dungaliyo kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan PAKEM pada pembelajaran IPA. Hasil penelitian yang dilaksanakan di SDN 11 Bongomeme dapat disimpulkan bahwa penerapan PAKEM pada pembelajaran IPA dapat dideskripsikan yaitu dengan mengkombinasikan metode, model dan media pembelajaran. Dengan langkah-langkah yaitu pada kegiatan pembelajaran guru menetapkan tugas dan pertanyaan-pertanyaan serta menyediakan bahan-bahan dan informasi yang dirancang untuk membantu peserta didik menyelesaikan masalah yang diberikan, kemudian siswa memprediksikan jawaban dari masalah yang diberikan setelah itu melakukan percobaan baik secara individu maupun kelompok untuk menemukan jawaban yang sebenarnya. Kata Kunci : Penerapan, PAKEM dan Pembelajaran IPA.