Meningkatkan KemampuanSiswaMenentukan Struktur Kalimat Yang Salah MelaluiTeknik Stabilo Di KelasIV SDN 09Limboto Barat KabupatenGorontalo

Main Author: SRIKO MOYITO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409328/meningkatkan-kemampuansiswamenentukan-struktur-kalimat-yang-salah-melaluiteknik-stabilo-di-kelasiv-sdn-09limboto-barat-kabupatengorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sriko Moyito,2013Meningkatkan KemampuanSiswaMenentukan Struktur Kalimat Yang Salah MelaluiTeknik Stabilo Di KelasIV SDN 09Limboto Barat KabupatenGorontaloSkripsi, Jurusan Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. DajaniSuleman, M.Hum. Pembimbing II. Dra.Hj. Evi Hasyim. Masalahdalampenelitianiniadalah:rendahnyakemampuansiswakelasIVSDN 09 Limboto Baratdalammenentukan struktur kalimat salah.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan struktur kalimat salah melalui teknik stabilo.Teknikyang digunakandalampengumpulan data adalahdenganteknikobservasidantesperbuatan.Teknikanalisis data penelitianmenggunakananalisiskualitatifdananalisiskuantitatifdeskriptifpersentase. Berdasarkan data padasiklus I dari 26 siswa, yang sudah mampu menentukan kalimat salah sebanyak 14 orang atau 54% dengannilai rata-rata adalah62,80. Sedangkan pada siklus II yang sudah mampu menentukan kalimat salah sebanyak 20 orang atau 77% dengannilai rata-rata adalah 71,65. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganmenggunakanteknik stabilodapatmeningkatkankemampuansiswakelasIV SDN 09 Limboto Baratdalammenentukan struktur kalimat salah.Olehnya itudisarankan agar guru kelasIVdalammelaksanakanpembelajaranbahasa Indonesiadapatmenggunakanteknik stabilo. Kata Kunci: struktur kalimat salah, teknik stabilo