MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS V SDN 11 LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO

Main Author: MUHAMAD FAHRI AMPARODO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
V
Sdn
11
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409300/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-tentang-sifat-sifat-cahayamelalui-pendekatan-keterampilan-proses-di-kelas-v-sdn-11-limboto-barat-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Muh. Fahri Amparodo. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat-Sifat Cahaya Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Dikelas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I, Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II, Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd., M.Pd. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses tentang sifat-sifat cahaya dikelas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan keterampilan proses materi sifat-sifat cahaya dikelas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Hipotesis dalam pembelajaran ini adalah jika guru menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran, maka hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya dikelas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo akan meningkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningtkatan hasil belajar siswa tentang materi sifat-sifat cahaya sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang sifat-sifat cahaya dikleas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Sifat-sifat Cahaya. Model Pembelajaran Pendekatan Keterampilan Proses.