Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Kembali Isi Bacaan Melalui Model Pembelajaran Round Table Di Kelas IV SDN I Tontulow Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Main Author: NURHAYATI AYUBA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Isi
Di
Iv
Sdn
I
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409299/meningkatkan-kemampuan-siswa-menceritakan-kembali-isi-bacaan-melalui-model-pembelajaran-round-table-di-kelas-iv-sdn-i-tontulow-kecamatan-pinogaluman-kabupaten-bolaang-mongondow-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurhayati Ayuba. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Kembali Isi Bacaan Melalui Model Pembelajaran Round Table Di Kelas IV SDN I Tontulow Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I :Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M. Pd, Pembimbing II : Dra. Ratnarti Pahrun, M. Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pembelajaran model round table dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV dalam menceritakan kembali isi bacaan di SDN I Tontulow Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV pada materi menceritakan kembali isi bacaan melalui model pembelajaran round table di SDN I Tontulow Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang mampu menceritakan kembali isi bacaan sebanyak 9 siswa (56,25%) dan siklus II yang mampu sebanyak 12 siswa (75%). Disimpulkan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model round table dapat meningkatkan kemampuan siswa menceritakan kembali isi bacaan di kelas IV SDN I Tontulow telah menunjukkan hasil yang baik sesuai indikator yang diharapkan. Kata kunci : Menceritakan kembali isi bacaan, Model Round Table