Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan penampakan benda langit melalui metode discovery di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo

Main Author: GAMARIA MAMONTO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409296/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-perubahan-penampakan-benda-langit-melalui-metode-discovery-di-kelas-iv-sdn-1-telaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Abstrak GamariaMamonto. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan penampakan benda langit melalui metode discovery di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd, dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan panampakan benda langit di kelas IV SDN 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada meteri perubahan penampakan benda langit melalui metode discovery di kelas IV SDN 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Hipotesis tindakan jika di terapkan metode discovery di kelas IV SDN 1 Telaga maka hasil belajar siswa dapat meningkat. Metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan penampakan benda langit, hal ini menunjukan hasil pelaksanaan tindakan dengan rincian pada siklus I dari 21 orang siswa terdapat 6 orang yang memperoleh nilai ketuntasan 75 keatas atau 28,6% dengan daya serap siswa mencapai 64%. Pada siklus II telah meningkat yaitu dari 21 orang siswa terdapat 19 orang siswa yang memperoleh nilai ketuntasan 75 atau 90,5% dengan daya serap meningkat menjadi 80,7%, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode discovery sangat tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : hasil belajar, metode, Discovery