Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Cerita Melalui Metode Karyawisata Kelas V SDN 08 Wonosari Kabupaten Boalemo
Main Author: | UKFILMAYS R. IGIRISA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409289/meningkatkan-kemampuan-siswa-dalam-menulis-tekscerita-melalui-metode-karyawisata-kelas-v-sdn-08-wonosari-kabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ukfilmays R. Igirisa. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Cerita Melalui Metode Karyawisata Kelas V SDN 08 Wonosari Kabupaten Boalemo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I : Dra, Dajani Suleman, M,Hum dan Pembimbing II : Dra, Hj. Evi Hasim, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah, apakah melalui metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan ejaan dalam menulis teks cerita bahasa Indonesia di kelas V SDN 08 Wonosari Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menggunakan ejaan dalam menulis teks cerita melalui metode karya wisata. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan jumlah siswa 13 orang. Berdasarkan data observasi awal, siswa yang mampu menulis teks cerita yakni hanya 2 siswa (15%) dari 13 siswa. Pada siklus I sebanyak 6 orang (46%) dari 13 siswa. Dan pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa (92%) dari 13 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dangan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks cerita di kelas V SDN 08 Wonosari kabupaten Boalemo. Kata Kunci : Menggunakan ejaan, Menulis teks cerita, Metode karya wisata.