"MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENAATI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SDN 3 TAPA KEC. TAPA KAB. BONE BOLANGO"
Main Author: | ANDRE ADRIAN UMAR |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409278/quotmeningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-menaati-keputusan-bersama-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-di-kelas-v-sdn-3-tapa-kec-tapa-kab-bone-bolangoquot.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Andre Adrian Umar. 151409278 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn melalui model cooperative tipe Stad (Penelitian di kelas V SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango). Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing : Dra. Elmia Umar M.Pd dan Samsi Pomalingo S.Ag, MA). Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Model Pembelajaran Cooperative tipe Stad dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi menaati keputusan bersama pada mata pelajaran PKn. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan Model Pembelajaran Cooperative tipe Stad dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 28,57% (6 orang), pada siklus 1 mencapai 61,90% (13 orang), dan pada siklus II 90,47% (19 orang) dari 21 orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative tipe Stad dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Tipe Stad