DESKRIPSI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENJUMLAHAN PECAHAN DI SDN 3 TAPA KECAMATAN TAPA KABUPATEN BONE BOLANGO
Main Author: | DUWI SRI RAHAYU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409276/deskripsi-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-penjumlahan-pecahan-di-sdn-3-tapa-kecamatan-tapa-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- A B S T R A K Duwi Sri Rahayu, 2013. Deskripsi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Penjumlahan Pecahan di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: I) Dra. Samsiar Rival, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II) Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada penjumlahan pecahan di SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada penjumlahan pecahan di SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang lebih mengarah pada pengungkapan suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada penjumahan pecahan. Untuk memperoleh data digunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada penjumlahan pecahan di kelas III, IV, dan V memuaskan atau berhasil, hal ini dilihat dari nilai hasil ulangan harian/tes formatif bahwa hasil belajar siswa pada kelas III dari 18 siswa hanya 5 orang yang belum berhasil atau belum tuntas, pada kelas IV dari 21 orang hanya 5 orang siswa yang belum tuntas, sedangkan pada kelas V dari 21 siswa hanya 5 orang yang belum tuntas atau belum berhasil. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan di SDN 3 Tapa rata-rata baik hal ini dilihat dari hasil tes formatif siswa. Guru telah melakukan remidial serta pengayaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan dalam proses belajar mengajar guru sudah merancang pembelajaran dengan baik agar bisa mencapai standar kompetensi yang dicapai. Kata kunci : Hasil Belajar, Penjumlahan, Pecahan