Deskripsi Faktor-Faktor Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo&quot

Main Author: VERASISKAWATY MOHI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Ipa
Di
Iv
Sdn
20
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409275/deskripsi-faktor-faktor-motivasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ipa-di-kelas-iv-sdn-20-limboto-kabupaten-gorontaloquot.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Verasiskawaty Mohi. 2015. Deskripsi Faktor-Faktor Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah faktor-faktor motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui prosedur observasi, angket,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi faktor motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo meliputi faktor lingkungan sekolah memperoleh persentase 77,08%, faktor lingkungan keluarga memperoleh persentase 73,33%, dan faktor siswa memperoleh persentase 60,36%, Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo dikategorikan cukup. Dikatakan demikian, karena dari ke tiga faktor yaitu faktor sekolah, faktor keluarga, dan siswa itu sendiri belum dapat memotivasi siswa pada mata pelajaran IPA. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Mata Pelajaran IPA