Peran Model Pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan menghitung luas layang-layang di SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango
Main Author: | SARTIKA M. AHMAD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409266/peran-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-teams-gametournament-tgt-dalam-meningkatkan-kemampuan-menghitung-luas-layang-layang-di-sdn-3-bulango-timur-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sartika Ahmad. 2013. Peran Model Pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan menghitung luas layang-layang di SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi S-1 Jususan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan menghitung luas layang-layang di SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dalam meningkatkan kemampuan menghitung luas layang-layang di SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan mendeskripsikan gambaran peran model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dalam meningkatkan kemampuan menghitung luas layang-layang di SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan menghitung luas layang-layang di SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango hal ini ditunjukan dengan adanya antusias dari siswa sehingga materi yang di ajarkan guru dapat diterima oleh siswa dengan baik, model pembelajaran ini juga mebuat siswa tidak merasa bosan danmembuat siswatermotivasi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) berperan penting dalam meningkatkan kemampuan menghitung luas layang-layang. Kata Kunci : peran, Teams Game Tournament (TGT) , Luas Layang-layang