MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PUISI MELALUI MEDIA AUDIO DI KELAS III SDN 17 BONGOMEME KAB. GORONTALO

Main Author: ROY S. ISMAIL
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iii
Sdn
17
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409233/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-puisi-melalui-media-audio-di-kelas-iii-sdn-17-bongomeme-kab-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Roy S. Ismail 2013Meningkatkankemampuansiswamembacapuisimelalui media audio kelas III SDN 17BongomemeKabupatenGorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Guru SekolahDasar, FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriGorontalo, Pembimbing IDra. Hj Salma Halidu, M.Pd.danPembimbing II Dr. Yusuf Djafar, M.Pd. RumusanMasalahdalampenelitianiniadalahApakahmelalui mediaaudio dapatminingkatkankemampuanmembacapuisipadasiswakelas III SDN 17 BongomemeKab. Gorontalodapatditingkatkan?Adapuntujuanpenelitianadalahuntukmeningkatkankemampuansiswamembacapuisimelalui media audio di kelas III SDN 17 BongomemeKab. Gorontalo. Metode penelitian adalah PenelitianTindakanKelassubjekdalampenelitianiniadalah26orang siswakelasIII SDN 17BongomemeKabupaten Gorontalo.Untukmemperoleh data yang diinginkandansesuaidengankepentinganpenjelasanmakapenulis menggunakantehnikpengumpulan data melalauidata hasil kemampuan siswa dalam membaca puisi yang diamati melalui tiga aspek padasetiapsiklus. Hasil kemampuansiswamembaca puisimelalui media audiodapatditingkatkan, yang ditunjukandenganindikatorkinerjaUntuk kemampuan siswa dalam membaca puisi minimal 70 % dari 26 orang jumlah seluruh siswa yang dikenai tindakan. Hal ini di tunjukan oleh hasil capain siswa rata-rata memperoleh nilai minimal 70. Denganrincianperolehansebagaiberikut : siklus I untuk ketuntasan kemampuan siswa dalam membaca puisi melalui media audio siswa dengan perolehan nilai minimal 70 nampak hanya 18 orang siswa atau 69 %. Sedangkan untuk tindakanpembelajaransiklus II, hasilkemampuansiswa dalam membaca puisitelah meningkat hingga mencapai96%darihasilsebelumnya. Kesimpulanberdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat di simpulan bahwa dengan menggunakan media audio pada siswa kelas III SDN 17Bongomeme Kabupaten Gorontalohasil kemampuan siswa membaca puisi meningkat. Kata kunci :Kemampuan Membaca Puisi dan Media Audio