Implementasi Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango

Main Author: INDRAWATI PATILA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409181/implementasi-pembelajaran-kontekstual-pada-mata-pelajaran-matematika-di-sdn-2-suwawa-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Indrawati Patila. NIM 151409181, 2013. Implementasi Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Ismail Pioke S.Pd. M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham S.Pd. M.Si. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang implementasi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika di SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui prosedur angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika di SDN 2 Suwawa dengan Indikator Persiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi yaitu dari hasil angket yang dibagikan kepada guru kelas I-VI, dan hasil observasi yang telah dilakukan serta diperkuat dengan dokumentasi yang sudah ada yaitu RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), jelas telah nampak bahwa implementasi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika di SDN 2 Suwawa telah dilaksanakan/diterapkan. Meskipun masih ada guru yang belum menerapkannya tetapi dilihat dari hasil keseluruhan guru di SDN 2 Suwawa sudah menerapkan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas di SDN 2 Suwawa sebagian besar sudah menerapkan Pembelajaran Kontekstual pada pelajaran matematika. Hal ini terlihat dari hasil angket yang disebarkan kepada guru kelas dan dari hasil pengamatan/observasi yang telah dilakukan serta diperkuat dengan adanya dokumentasi berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran, Kontekstual Matematika.