PERAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA KONKRIT PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 25 DUNGINGI KECAMATAN DUNGINGI KOTA GORONTALO

Main Author: DEASY RATNASARI NAUE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Ipa
Di
Iii
Sdn
25
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151409172/peran-guru-dalam-menggunakan-media-konkrit-pada-mata-pelajaran-ipa-di-kelas-iii-sdn-25-dungingi-kecamatan-dungingi-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Desy R. Naue, 2014. Peran Guru Dalam Menggunakan Media Kongkret Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri 25. Skripsi jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Gorontalo, Pembimbing I, Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II, Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd Desy R. Naue, Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd Irvin Novita Arifin, M.Pd, S.Pd Dosen Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo Masalah dalam penelitian ini dirumuskan yaitu Bagaimanakah peran guru dalam menggunakan media konkrit pada mata pelajaran IPA dikelas III? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam menggunakan media konkrit pada mata pelajaran IPA dikelas III SDN 25 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian observasi, wawancara dan pembahasan dapat diperoleh hasil penelitian yang didasari atas 4 indikator penelitian yang hasilnya dideskripsikan yaitu dalam proses pembelajaran guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran tersebut, agar setiap siswa dapat termotivasi dalam proses pembelajarannya. Guru sering memberikan bimbingan kepada siswa berupa motivasi-motivasi yang baik agar siswa dapat mengembangkan dirinya dalam proses pembelajaran untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Dalam mengembangkan Pelajaran IPA guru sering membuat kegiatan praktek dengan menggunakan media konkrit, tujuannya agar siswa mendapatkan pengalaman dalam menggunakan media konkrit ini, dengan cara demontrasi ini siswa dilibatkan langsung dalam penggunaan media konkrit tersebut, salah satu contohnya adalah guru menunjuk salah satu siswa untuk mempraktekkan bagaimana bola memantul dan menggelinding. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas III SDN 25 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo Penerapan media konkrit sudah diterapkan di SDN 25 Dungingi tetapi masih ada guru yang menggunakan buku-buku paket, dan juga mesih menggunakan media gambar, serta Peran guru dalam penerapan media konkrit di SDN 25 Dungingi dikatakan baik, karena dalam pembelajaran IPA guru sering membuat kegiatan parktek atau demontrasi menggunakan media konkrit. Keywords : Media Konkrit, Peran Guru Dalam Pembelajaran, IPA